Jatuh saat hamil

Gw merasa lebih cepat mengantuk belakangan ini (week 30), apalagi kalau seharian load kerjaan banyak. Hari Minggu itu, kita pulang malem, seinget gw midnight baru bobo. Senin paginya bangun sudah kaya zombie alias belum terlalu sadar padahal udah mesti masuk kantor. Kebetulan hari itu tidak ada rapat jadi sedikit santai, tapi karena diminta bantuan untuk menemani proses testing, akhirnya dengan masih mengumpulkan nyawa, gw ikut bantu-bantu merakit test sample di lab basement.

Ketika mau mulai rakit, gw siapin alat dan bahan terus duduk di kursi, entah kenapa gw berpikir kursi itu ada sandarannya jadi gw mulai duduk mundur ke belakang tiba-tiba….. dug gw jatuh ke belakang, posisi terduduk. Seinget gw, jatuhnya tidak keras, tangan gw masih sempet berusaha menopang badan ini ke posisi terduduk jadi mungkin jatuhnya tidak sampai terbanting ke lantai. Waktu itu ada dua orang lagi, semuanya teriak waktu gw jatuh dan bantu gw buat duduk di kursi yang ada sandarannya. Setelah kejadian itu, gw merasa baik-baik saja, bahkan sampai hari itu berakhir.

Keesokan paginya, gw inget suami sempet nanya, gimana baby semalam banyak gerak ga. Gw kok ga inget baby banyak gerak ya semalam. Perasaan mulai ga tenang. Pagi itu gw dan suami ada urusan ke kantor imigrasi sebelum berangkat ke kantor. Biasanya sebelum sibuk, gw sempetin itung waktu yang dibutuhkan untuk baby nendang 10x. Pagi itu gw mulai hitung dari jam 10an, sampai jam 11 cuman ada beberapa gerakan lemah, padahal biasanya kencang dan sering. Asli, gw panik. Mau langsung kontrol ke RS pagi itu pasti nunggu sampe gila. Ada asisten yang jaga dan antriannya sepi tapi gw ga yakin dia bisa cek USG. Waktu itu posisi gw udah siap jalan ke RS, sekalian gw telpon ruang konsultasi tanya apa asisten bisa USG juga, dijawab ga bisa, ya langsung batal rencana ke RS. Setelah cerita gw abis jatuh dan merasa gerakan baby melemah, gw dianjurkan untuk antri kontrol jadwal yang sore, dapet nomer antrian 36. Yaudah gw pikir, jam 4 sore gw ke RS buat cek biar lebih tenang. Sampe jam 4.30 gw liat di antrian online baru di nomer 21, ya gw belum jalan lah, daripada nunggu bego, eh sekitar jam 5.10, di antrian online nama dokter yang gw daftar sudah hilang. Panik lagi gw, jangan-jangan dokter nya udah selesai praktek. Gw tetap berangkat ke RS dengan hati siap kalau memang dokternya udah ga ada, nomer gw udah kelewat. Puji Tuhan masih ada dan baru no 26! Nomer gw belum kelewat dan gw bisa liat baby, walaupun akhirnya nunggu lagi 1 jam sampe no gw dipanggil.

Dokternya baik, gw jelasin gw jatuh dan langsung disuruh USG. Waktu USG pas banget baby lagi cegukan haha dan memang gw berasa sih ada gerakan kecil cukup teratur di perut gw. Detak jantung normal, dicek sekilas organ tubuh baik, plasenta normal (ga ada kelainan ampe terpisah dari perut seperti yang gw baca), jadi kesimpulan dokter baby baik-baik aja dan dia suruh gw ga usah terlalu khawatir. Duh, leganya dengar kata baby baik-baik aja!! Gw juga ditanya sih ada keluhan apa, bagian mana sakit (perut, punggung, panggul), tapi beneran gw berasa baik-baik aja, cuman khawatir baby kenapa-kenapa. Akhirnya, dokter pesen kalau dalam 2-3 hari perutnya berasa kenceng-kenceng disuruh balik cek lagi. Walaupun bayar dokternya jadi lebih mahal karena ini ga termasuk kontrol rutin (alias minggu depan gw mesti ke RS lagi, yey liat baby lagi!).

Setelah kejadian ini, gw berusaha buat lebih hati-hati, lebih pelan-pelan bergerak. Memang kalau dipikirin soal nanti labor and delivery nanti, gw ga kebayang bakal menahan sakit separah apa, tapi gw rela, serela-relanya buat sakit-sakit demi melahirkan baby dengan baik. Maaf ya baby, mommy teledor ampe jatuh kemarin, mommy janji bakal jaga diri lebih baik lagi. See you soon baby!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s