Wedding Vendor Review-Part 2

Foto Prewedding (1): France Paris – Taiwan (9.5/10)
Staff marketing baik dan ramah banget. Suka banget sama hasil fotonya, hasil editannya bagus pol!! Pose yang diarahkan sama fotograger agak monoton, tapi asistennya lucu banget bisa mencontohkan gaya yang dimaksud fotografernya. Variasi gaun banyak banget dan di sini hampir semua gaun bisa dipakai untuk foto outdoor jadi lebih gampang milihnya. Tempat fittingnya nyaman, staffnya gesit. Dalam waktu hanya 2 jam aku bisa mencoba sekitar 13-15 baju. Aku juga sreg sama MUAnya, hasil make up hair do baik dan kerjanya cepat. Setelah pilih-pilih foto prewedding, FP pindah lokasi, awalnya sempet panik tapi puji Tuhan pindahnya jadi lebih dekat ke rumah. Ini ngaruh banget pas kita bawa kanvas super gede dan koper gaun hari H 8 kg – naik motor.

Foto Prewedding (2): Wedding House (7.5/10) – Taiwan
Staff marketingnya baik dan ramah banget, tapi kita kurang suka sama hasil fotonya, fotografer kurang bisa mengarahkan pose dan hasil editannya kurang bagus. Variasi gaun cukup banyak, tempat fittingya nyaman, staff yang mengurus fitting baju ramah dan gesit. Cuma, gaunnya banyak ketentuannya, cuman bisa dipakai indoor/outdoor, jadi agak susah buat kita milihnya. MUAnya baru kontek aku di H-1, mengingatkan tentang hari H dan barang yang perlu disiapkan; salah satunya softlens merk A warna coklat. YA KALI! Suruh orang siapin softlens yang spesifik tapi dikabari di H-1! Isi perjanjian kerja sama juga tidak fleksibel; semuanya ada biayanya. Yang paling jadi concern kita adalah kalau pas hari H foto hujan, kita ga bisa ganti hari kecuali nambah uang. Harga paket memang sesuai budget kita, durasi foto hari H juga lumayan panjang (6 jam), sayang banget hasilnya kurang.

Gaun & Aksesoris Bride: France Paris – Taiwan (9.5/10)
Ini vendor sempet bikin deg-degan gara-gara aku baru boleh pilih gaun weddingku hanya sebulan sebelum acara. Tapi selama fitting, aku terbantu banget karena staffnya gesit dan lincah. Untuk gaun hari H, aku sudah lebih tau mau pakai gaun seperti apa, jadi cuman cobain 10 baju aja. Variasi baju banyak sekali, kualitas baju sangat baik dan waktu fitting terakhir ukurannya sudah pas banget di badan. Aku boleh pinjam banyak barang dari FP; veil, (sarung tangan bride groom dikasih), anting, kalung, petticoat. Tas besar berisi barang-barang ini sudah 8kg sendiri beratnya; lumayan perjuangan juga untuk bawa dari Taiwan ke Jakarta. Karena aku bawa barang-barang ini ke Jakarta, aku dikasih waktu 1.5 minggu untuk pinjam; ini termasuk sangat panjang karena biasa hanya dipinjamkan 3-4 hari dan uang jaminan yang dikenakan ke kita tidak berlebihan, dibalikin setelah kita balikin gaunnya. Sebenernya paketanku termasuk hand bouquet fresh flower tapi sayang aku pulang Jakarta H-8 jadi ga diambil deh HBnya.

Sepatu Bride: Donamici – Mangga Dua (6/10)
Pesen sepatu ini udah dari Januari 2017, pelayanan di toko ramah, staffnya sabar, bisa kasih masukan, tidak mendesak kita beli sepatu yang jauh lebih mahal. Beli sepasang harga fix tidak bisa ditawar. Janjinya selesai dan dikirim ke rumah sekitar Agustus 2017 tapi dikirim jauh lebih cepat; sekitar akhir Juni 2017 udah sampai di rumah. Fast delivery bisa jadi hal yang baik, tapi aku malah ga suka dicepetin karena aku ga di rumah dan ga berencana pakai untuk prewedding, malahan bikin bingung takut kelamaan disimpan nanti kulitnya terkelupas, manik-maniknya copot.

Dengan yakin pilih beli sepatu Donamici karena banyak banget review bride yang bilang sepatunya empuk dan nyaman dipakai seharian. This is not my case. Sepatu ini cuman bertahan di aku sampai pemberkatan (sekitar 6 jam). Setelah pemberkatan, kakiku mulai sakit dan selesai resepsi, aku udah ga hampir ga bisa senyum nahan sakit kaki kaya mau patah. Dipaksa pakai karena kalau dilepas bisa jomplang tingginya sama suami.

Jas & Aksesoris Groom: Sabatini – Cempaka Mas (7/10)
Untuk bahan aku ga terlalu ngerti, tapi sepenglihatanku kualitas kain baik dan variasi warna banyak. Suami sampai bingung  memutuskan mau warna apa. Akhirnya ambil hitam supaya lebih general. Sepaket dapat jas, celana dan rompi. Awalnya katanya dapet dasi serut untuk pesta tapi akhirnya ga dikasih. Harga bersahabat, proses pengerjaan sesuai dengan yang dijanjikan.

Sepatu Groom: GH Bass & Co. (10/10)
Sepatu pilihan suami “impor” dari US, dipakai nyaman dan modelnya bagus.

Make up+hairdo Bride+Bride’s mom: Tante Kartika (10/10)
Tante Kartika memang sudah handle aku dari event sangjit Januari 2017 lalu dan aku seneng banget sama hasil-hasil make up nya. Style make up simple, natural dan ga menor tapi bisa bikin pangling. Pagi itu jadwal make up jam 6 tapi karena breakfast hotel juga mulai jam 6 jadi sempet molor sedikit. Aku agak ga enak hati karena sempet ngeburu-buru tante sampe hampir ga makan pagi sampe kenyang, untung tante sabar banget. Tapi untungnya adalah, make up sesi pagi lebih cepet selesai dari yang dijadwalin, jadi aku masih sempet foto-foto cantik sama manekin + gaun. Tante juga make up mamaku dan aku juga suka hasilnya. Hair do aku dan mama juga cakep, sesuai sama keinginan kami. Aku merasakan banget effort (super maksimal) tante selama make up aku, perbedaan style makeup+hairdo antara pagi dan malam juga disanggupi oleh tante despite waktu pemberkatan yang terlalu siang dan mepet sama resepsi malam. Te-o-pe deh pokoknya.

Make up Groom, Bridesmaid dan Groom Family: Salon Yuka (6/10)
Not recommended to make up young woman. Bridesmaid ku di dandanin di sana dan hasilnya kacau. Aku lebih suka hasil make upnya sendiri dibanding ke salon ini. Mungkin lebih cocok untuk dandan tipe ibu-ibu. Untuk groom ya oke lah ya, secara cuman dibedakin doang. Cuman menang di harga murah doang.

Make up+hair do Keluarga Bride: Smile Bridal (9/10)
Ownernya ramah, datang ke hotel tepat waktu, hasil make up+hair do bagus, cocok untuk tante-tanteku.

Bride’s mom gown pemberkatan: Valeda gown (9/10)
Tau vendor ini dari instagram dan dari group WA bride. Kualitas gaun bagus, variasi model dan warna super banyak, harga agak mahal. Vendor terkenal, jadi kalau datang pada jam sibuk, wah bakal dikacangin (pengalaman nyokap). Tokonya terkesan berantakan, staff yang modif gaun juga jahit payet, ada yang layanin fitting, ada yang konsultasi design, ada yang setrika gaun, semua jadi satu.

Waktu pertama kali liat dan pilih gaun, bayar DP langsung 50% buat tag tanggal, ga bisa langsung fitting loh. Dikasih fitting seminggu sebelum tanggal acara dan diambil H-3, dikembalikan max H+2 (bisa pakai ojek online). Pada hari pengambilan baju, kami nunggu lumayan lama (nunggu setrika). Kalau sampai hari pengambilan masih perlu modif/temple payet, nunggunya bisa lebih lama lagi.

Ownernya ramah dan murah senyum. Pernah kontek via WA (kontak WA dari instagram), ga terlalu lama kemudian dibalas dan cukup ramah. Servis staff on spot juga ramah.

Bride’s mom gown resepsi: Nikaya Brides (4/10)
Tempat rental gaun ini kenalannya temen nyokap, aku ga sempet ke lokasi cuman denger cerita nyokap aja. Jumlah gaun dan variasi warna cukup banyak. Gaun pilihan nyokap warna merah, warna dan modelnya bagus.

Sayangnya, ada hal yang kurang menyenangkan selama deal dengan Nikaya. Awalnya nyokap mau sewa 2 gaun. Waktu tanya harga, hanya dijawab “900ribuan”, tanpa keterangan lebih lanjut dan di bon juga tertulis total harga 1,8 jt. Jadi harga sewa per gaun 900rb. Nyokap sudah DP 900 rb dan masih sisa 900 rb. Karena sudah deal gaun di Valeda jadi nyokap mau batal 1 gaun dari Nikaya. Tidak ada informasi dari Nikaya tentang konsekuensi pembatalan. Nikaya kemudian memberi revisi bon, dengan total harga 1,4 jt. Nyokap kurang teliti dan tidak cek lagi kenapa harganya jadi 1.4jt. Pada saat mau ambil gaun, ditagihlah kekurangan 500rb. Sedangkan nyokap yang taunya harga sewa per gaun adalah 900rb, merasa dia sudah bayar lunas 1 gaun (gaun yang 1 nya lagi batal). Ini repotnya aku ga di lokasi pada saat nyokap pilh baju, deal dan terima revisi bon. Kesimpulannya, integritas Nikaya dipertanyakan, juga karena tidak adanya informasi harga yang jelas di awal jadi merugikan kami.  Apa gunanya gaun bagus, kalau tujuan utamanya “menipu” uang konsumen? Kecewa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s