Doa apa baca mantra?

Masa Prapaskah adalah masa yang tepat untuk berkabung, menangisi (d0sa) diri sendiri dan bertobat. Pada permulaan masa Prapaskah tahun ini, gw sempet memikirkan apa aja yang perlu gw buat selama 40 hari ini selain pantang dan puasa yang emang wajib dijalanin. Setelah seraching, ada beberapa tindakan yang dianggap umum untuk dilakukan misalnya berdoa (pantang puasa tanpa doa adalah diet), mengaku dosa dan berderma/beramal.

Masih ga puas sama penemuan ini, gw melanjutkan pencarian dan menemukan beberapa hal yang bisa lebih rutin gw lakukan: doa Rosario (peristiwa sedih), doa Kerahiman Ilahi, jalan salib tiap Jumat. Karena doa Kerahiman Ilahi biasanya didoakan di jam kematian Yesus (jam 15.00, masih jam kerja), akhirnya gw memilih untuk doa Rosario.

Minggu kemarin sempet bolong 2 hari, dan minggu ini lumayan full. Emang dasar manusia, gw puas diri. TAPI gw merasa di minggu ini gw sekadar menjalankan kewajiban aja, alias doanya buru-buru pengen cepet selesai.

Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu! —1 Tawarikh 16:11

DAN hari ini gw dapet teguran keras dari bacaan renungan. Ilustrasinya, ada anak sering nanya-nanya dan ngobrol sama ibunya, tapi anaknya sering ngomong sambil munggungin ibunya. Ibunya kesel karena anaknya ga fokus dan ibunya ga bisa ngeliat muka anaknya.

WAHH pas baca ini, gw merasa kok ini sama banget sama kondisi gw, gw doa buru-buru dan ga fokus, gw ga mencari wajahNya, yang sebenarnya berkuasa mengatasi segala kekhawatiran gw. Gw langsung kepikiran sama sebuah lagu rohani (yang udah lama banget ga gw dengerin/nyanyiin) yang judulnya Sungguh Indah Kau Tuhan, yang intinya kalo kita cari wajah Tuhan, kita ga pernah lemah atau terluka bisa dapet penghiburan.

Ku cari wajahMu 
Temukan kasihMu
Kau bukan Tuhan yang jauh dariku
Kupanggil namaMu 
Kudengar jawabMu
Kau Tuhan yang s’lalu dengar seruan hatiku

Sungguh indah Kau Tuhan
Penuh kasih dan sayang
Kau tempat penghiburan
Bagi setiap hati yang terluka

Sungguh indah Kau Tuhan
Menara perlindungan
Kau sumber kekuatan
Bagi semua orang yang membutuhkan

 Terima kasih Tuhan, udah ingetin aku bahwa doa itu ga ada gunanya kalau cuman kaya baca mantra, ga pakai hati. Ampuni aku yang susah banget buat nyediain waktu khusus buatMu padahal Kau beriku 24 jam dalam sehari.

My Gallery

Leave a Reply

