Belanja (sok) Praktis di Lazada

Saya naksir jam tangan di Lazada dan biasanya saya cari yang bisa bayar di tempat. Namun karena tidak banyak penjual jam tangan yang bisa bayar di tempat, akhirnya saya pilih yg bayar via Indomaret. Diberikan waktu 24 jam untuk pembayaran sebelum pesanan diproses. Saya ke Indomaret dekat rumah dan kasir hanya mengatakan koneksi komputer terputus. Saya keliling 3 Indomaret hari itu dan mendapat jawaban yang sama. Lewat dari 24 jam tidak ketemu Indomaret yang tepat, saya batal beli jam yang saya taksir.

Kesal dengan metode pembayaran Indomaret, saya akhirnya pinjam kartu kredit teman untuk beli jam tangan couple yang dijual oleh Xbambu Jam Tangan, seller yang dapat badge review 5 bintang.Proses pemesanan saya bereskan pada 30 Januari subuh dan barang saya terima pada 31 Januari siang.

Saya senang barang cepat sampai. Pengemasan rapi dan aman, isi kotak pun lengkap dan sesuai yang dijanjikan. Wah, performa seller bintang 5 memang mantap, pikir saya. Pertama saya lihat jam tangan wanita, jam jalan dan penampilannya ok banget. Namun saya kaget dan kecewa berat pas lihat jam tangan pria. Ada goresan sepanjang kira-kira 2cm di kacanya. Buat apa barang cepat sampai tapi cacat?

Saya baca di Lazada bisa retur gratis via kantor pos. Saya coba urus, dan lagi-lagi jawaban petugas kantor pos adalah koneksi terputus dan tidak bisa proses retur. Petugas juga menolak paket retur saya karena form pengembalian tidak di  print katanya retur yang tidak ada print form online tidak akan diprioritaskan. Padahal Lazada memberi dua pilihan untuk print atau tulis tangan.

Saya akhirnya kirim lewat JNE ke gudang Lazada. Entah ongkirnya diganti atau tidak. Yang pasti saya harus tunggu lagi proses untuk retur. Minggu ini saya berangkat lagi ke Taiwan dan rasanya tidak keburu lagi menerima barang tsb sebelum saya berangkat.

Saya apresiasi Lazada untuk variasi metode pembayaran dan retur, hanya saja inovasi ini tidak dibarengi dengan koordinasi yang baik dengan pihak terkait. 

Semoga saya cepat kapok belanja online  dengan macam-macam masalah yang lebih banyak daripada kepraktisannya.

Leave a Reply

