Sebagai Pendatang

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya.

Itu peribahasa yang saya pelajari di sekolah dulu dan sepertinya bahasa lain pun memiliki peribahasa yang serupa, misalnya while in Rome do as the Romans atau 入境隨俗. Artinya kira-kira begini, setiap tempat memiliki kebiasaan atau adat yang berbeda dan sebagai pendatang, ada baiknya kita menghormati dan mengikuti kebiasaan atau adat yang berbeda dari kebiasaan di tempat asal kita.

Mengapa ini penting? Pendatang yang tidak taat pada adat setempat akan dianggap aneh dan kadang menyebalkan, bahkan bisa jadi menjadi beban bagi orang lain. Apalagi kalau pendatang mendapat fasilitas gratis; misalnya nebeng tinggal di rumah saudara, nebeng mobil ke kantor, dll. Selayaknyalah kalau pendatang menunjukkan itikad baik demi menjaga relasi agar tetap harmonis.

Ambil contoh sederhana, ketika kita menginap di rumah teman dan bertindak tanpa sopan santun atau semaunya sendiri, mungkin berikutnya kita tidak diijinkan lagi menginap oleh tuan rumah.

“Tapi kan tempat baru saya belum tahu kebiasaan setempat?”

Ada baiknya di tempat baru kita memperlambat langkah kita dan mengambil waktu untuk mengamati orang-orang setempat dan menirukan tindak tanduk mereka. Hal ini membuat kita tidak tergesa-gesa berlaku ceroboh dan supaya kita tahu membedakan perbuatan apa yang normal atau tidak normal dilakukan di tempat tersebut. Proses adaptasi ini memang butuh waktu.

Selain itu, ketika kita tidak peduli dengan kebiasaan orang setempat, ada kalanya kita akan mendapat teguran. Bila mendapat teguran ada baiknya kita mendengarkan dan menaatinya, bukannya tetap mempertahankan ego dan keras kepala tanpa memikirkan situasi dan kondisi orang lain.

Seperti ketika hari ini saya nebeng motor pacar untuk ke kantor dan memaksa memangku sendiri laptop saya di tengah, mungkin hal ini membuat posisi duduknya menjadi tidak nyaman. Akhirnya dia meminta saya untuk memberikan laptop saya dan diletakkan di ruang kosong di sekitar kakinya.

Saya nurut aja deh, namanya juga nebeng~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s